07 January 2008

Obama masih ungguli Hillary

 
 

Hillary Rodham Clinton, Barack Obama, dan John McCain bersaing

Jajak pendapat terbaru dalam kampanye presiden Amerika mengindikasikan, Barack Obama mendapatkan momentum atas sainganya dari saingannya di Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Dua jajak pendapat, satu oleh USA Today/Gallup dan CNN/WMUR, memberikan keunggulan dua digit kepada Obama atas Senator Clinton di negara bagian New Hampshire.

Obama menang di Iowa pekan lalu, dan mengalahkan Clinton di tempat ketiga.

Di kubu Partai Republik, seperti dilaporkan wartawan BBC, Senator John McCain memimpin di jajak pendapat.

Wartawan kami menambahkan, medan pertarungan utama, saat warga New Hampshire memberikan suara hari Selasa, adalah warga pemilih non-partai yang bersikap independen dengan jumlah yang luar biasa besar.

Berusaha pulih

Editor BBC urusan Amerika Utara, Justin Webb melaporkan dari New Hampshire, Hilary Clinton berusaha pulih dari kekalahannya di Iowa, namun sekarang tampaknya menghadapai tantangan besar di New Hampshire.

Masalah yang dihadapi Clinton adalah, bahwa dia sebelumnya berada di posisi terdepan di sini, sehingga bila tidak berhasil menang dalam pemilihan ini, dia akan dianggap gagal.

Akan tetapi saat ini beberapa jajak pendapat menunjukkan dia mungkin akan kalah lagi dari Barack Obama, yang diperkirakan akan mengulangi kemenangannya mengejutkan di Iowa.

Bila itu terjadi, kubu Hilary Clinton akan berada dalam posisi yang sangat lemah.

Clinton akan harus tetap berjuang keras, sementara Obama akan mendapat dorongan besar bila menang di New Hampshire, kata wartawan kami.

No comments: