16 December 2006

MARKETING STRATEGY IN ACTION : TOYOTA

Toyota mempunyai kunci sukses, yaitu slogan yang disebut kaizen yang berarti perbaikan terus menerus, dimana pada saat perusahaan-perusahaan berusaha membuat terobosan yang dramatis, Toyota bertahan untuk membuat banyak hal kecil lebih baik dan lebih baik. Pertimbangkan Tercel, mobil terkecil yang dijual di Amerika, Toyota membuat Tarcel lebih cepat, mempunyai ruangan yang lebih luas dan lebih halus bunyinya dibandingkan pendahulunya – dengan berat yang lebih ringan, mempunyai daya tahan yang baik, dan menakjubkan, hal yang sama berharga $ 8000 untuk sedang standar empat pintu. Harga tersebut lebih murah $100 dari Saturn yang dikeluarkan oleh General Motor dan lebih murah $1.600 dari pesaing lainnya.

Salah satu konsultan menyebut strategi Toyota sebagai “ Kenaikan setiap Inci yang cepat “, melakukan beberapa langkah kecil dan segera anda diluar jarak kompetisi, dengan memperkenalkan enam kendaraan yang seluruhnya baru dalam 14 bulan. Toyota menangkap 43% pangsa pasar penjualan di Jepang. Model tahun 1990, terjual lebih dari sejuta mobil dan truk di Amerika dan hal itu mendorong Toyota ke posisi 4 di Amerika; dan menjadi perusahaan pembuat kendaraan No. 3 di seluruh dunia. Hal itu berarti melebihi $22 Milyar pendapatan tunai sehingga dapat membeli Ford dan Chrysler seharga $5 Milyar.

Sederhananya perusahaan ini berada dalam posisi puncak dalam Kualitas, Produksi dan Efisiensi. Dari pabrik-pabriknya menghasilkan berbagai jenis mobil, yang dibangun dengan ketelitian yang tidak sama. Toyota mengeluarkan sedan mewah dengan kualitas Mercedes Benz dengan menggunakan seperenam pekerja Mercedes. Perusahaan memulai produksi secara Just In Time dan terus mempertahankan keunggulannya dalam praktek. Hal itu mendekatkan hubungan dengan pemasok dan produk dengan spesifikasi teknis yang kuat untuk dibeli.

Toyota merupakan penggagas lingkaran kualitas, yang melibatkan pekerja-pekerja dalam diskusi untuk meningkatkan pekerjaan-pekerjaan mereka dan menghindarkan apa yang disebut Tiga D yaitu : Dangerous (bahaya),Dirty (kotor) dan Demanding Aspect (Aspek beban) pekerjaan pabrik. Perusahaan menginvestasikan $770 Milyar untuk meningkatkan perumahan pekerja, menambahkan ruangan makan, dan membangun pusat rekreasi yang baru. Dalam jalur pemasangan, kualitas tidaklah berarti tidak adanya kerusakan tetapi seperti yang disebut slogan Toyota “Membangun yang paling baik dan memberikan pelanggan apa yang mereka inginkan .” Itulah sebabnya setiap pekerja melayani pelanggan seperti layaknya pelanggan tersebut adalah pengawas kualitas pekerjaan mereka. Jika sebuah bagian tidak terpasang dengan benar ketika sampai di tangan pelanggan, maka dia tidak akan menerimanya.

System rekayasa Toyota dapat melakukan pekerjaan dari mengambil disain mobil baru dari konsep sampai ke ruang pamer dalam waktu kurang dari empat tahun dibandingkan dengan lima tahun yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika Serikat dan tujuh tahun yang dilakukan oleh Mercedes. Hal ini memotong biaya, kecepatan dalam memperbaiki kesalahan, dan menjaga Toyota dalam tren pasar. Toyota meraih keuntungan dari kecepatan pekerjaan mereka sendiri. Toyota dapat memiliki keunggulan dalam rekayasa dan disain yang dikerjakan dengan lebih cepat karena salah satu manager memang menuntut demikian, “ kami lebih dekat kepada pelanggan dan mempunya konsep waktu yang lebih sedikit .” Sebuah produk baru ditentukan oleh seorang seorang kepala Teknik yang mempunyai tanggung jawab dan kewenangan yang lengkap terhadap produk mulai dari disain dan pengolahan melalui pemasaran serta mempunyai kontak langsung baik kepada dealer maupun kepada pelanggan.

Dalam sistem Manufaktur Toyota, suku cadang dan mobil-mobil tidak dibuat sampai datangnya permintaan dari dealer. Dalam penempatan permintaan, dealer pada dasarnya menyisakan sebuah porsi untuk kapasitas pabrik. Sistem ini sangat efektif dibandingkan dengan menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan mobil baru, pelanggan bisa mendapatkan mobil yang dipesan untuk dibuat dalam waktu seminggu sampai 10 hari.

Toyota adalah pembuat mobil yang terbaik yang ada di dunia disebabkan kedekatannya dengan pelanggan. “ Kami telah belajar bahwa produksi massal secara universal tidaklah cukup.” Kata Kepala Pusat Desain Toyota di Tokyo. “ Pada abad ke 21, kamu harus mempersonalisasi sesuatu lebih baik untuk lebih merefleksikan keperluan individu.” Pemenangnya adalah siapa yang mentargetkan keperluan pelanggan yang sempit secara sukses untuk model tertentu.

Pertanyaan Diskusi dan Jawaban :

1. Dengan jalan apa Sistem Pengembangan Produk Baru Toyota dirancang untuk memberikan layanan kepada pelanggan ?

Sistem pengembangan produk baru Toyota dilakukan oleh seorang Kepala Teknik yang mempunyai tanggung jawab dan kewenangan yang lengkap mulai dari disain sampai pemasaran dan mempunyai kontak langsung dengan dealer maupun pelanggan.

2. Dengan jalan apa Sistem Manufaktur Toyota dirancang untuk memberikan layanan kepada pelanggan ?

3. Bagaimana Toyota melakukan personalisasi mobil-mobil dan truk-truknya untuk memenuhi kebutuhan individu pelanggan ?

Dalam kisaran harganya, bagaimana menurut pemikiranmu Toyota Tarcel mempersiapkan diri untuk berkompetisi ?

No comments: