06 February 2007

Tugas Pak Andi IMC e-media


A. Apakah Komunikasi PemasaranSesuai judul buku ini yaitu “Komunikasi Pemasaran terpadu” yang menyarankan sesuatu yang lebih ketimbang aktivitas komunikasi pemasaran yang longgar. Hal itu merupakan konsep dimana perusahaan memadukan dan mengkoordinasikan beberapa saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan yang jelas dan konsisten mengenai organisasi dan produknya. Kotler (2003) mendifinisikan Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai : “ Sebuah cara memandang keseluruhan proses pemasaran dari titik pandang pelanggan “.

Dalam prakteknya sangat sulit untuk memastikan komunikasi pemasaran telah terintegrasi tetapi sama sulitnya untuk tidak menjaga orang untuk mencoba sebagai hasil sinergi dan koherensi merupakan sesuatu yang penting.

Buku ini disusun atas tiga bagian berdasarkan tiga model Komunikasi Pemasaran Terpadu yaitu :

· Model Proses IMC

· Model Perencanaan IMC Rabostic

· Model Campuran IMC

Lihat Gambar Dibawah ini

Selama beberapa tahun terakhir ini Komunikasi Pemasaran telah menjadi bahan yang populer dikalangan praktisi dan dinyatakan sebagai :

Seluruh elemen promosi dari bauran pemasaran yang tergabung dalam komunikasi antara organisasi dan target pendengarnya dalam seluruh hal yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.

Penting untuk disadari bahwa kita mempelajari komunikasi pemasaran dan bukannya komunikasi pasar. Pemasaran melbatkan lebih banyak bagian ketimbang anggota pasar.

Komunikasi pemasaran dan periklanan

Mungkin kebingunan pada umumnya terjadi bila berpikir bahwa komunikasi pemasaran merupakan kata kalin dari periklanan, padahal periklanan merupakan salah satu bagian dari komunikasi pemasaran.

Komunikasi pemasaran, bauran pemasaran dan 4 P

Komunikasi pemasaran merupakan bagian dari pemasaran seperti periklanan yangmerupakan bagian dari komunikasi pemasaran, bila kita ditanya mengenai pemasaran biasanya kita berbicara mengenai bauran pemasaran dan yang paling menonjol adalah menyebutnya sebagai 4 P (Product, Price, Place, Promotion).

Komunikasi pemasaran dan promosi

Lebih sulit lagi membedakan antara promosi dengan komunikasi pemasaran, pad beberaa bagian terkadang kita menyebut bauran komunikasi pemasaran dengan bauran promosi, Crosler (1990) dengan jelas menyebutkan bahwa terminologi diatas mempunyai makna yang sama dengan 4P, walaupun dengan mudah dapat dikatakan bahwa komunikasi pemasaran mempunyai makna yang lebih luas dari pada promosi.

Mengapa menggunakan kata “Komunikasi Pemasaran” ?

Pertama, termonologi ini mempunyai keuntungan karena populer. Kedua ,kata promosi biasanya digunakan sebagai kependekan dari “Promosi Penjualan”.

Komunikasi Pemasaran dan Komunikasi Perusahaan.

Blauw(1994) mendefinisikan komunikasi perusahaan sebagai “ Pendekatan terpadu kepada seluruh komunikasi yang dihasilkan ole sebuah perusahaan”, sedangkan Van Riel (1995) membuat perbedaan bahwa Komunikasi perusahaan terdiri dari tiga bentuk utama yaitu : Komunikasi Pemasaran, komunikasi organisasi dan komunikasi manajemen. Untuk memperjelas apa yang dibaca dalam buku ini bahwa komunikasi pemasaran tidak hanya mencakup promosi barang dan jasa namun juga promosi perusahaan.

B. Proses Komunikasi Pemasaran dan IMC Proses Model

Proses komunikasi digambarkan seperti gambar dibawah ini.


Model diatas menunjukkan bagaimana pesan disampaikan dari pengirim sampai dengan penerima yang memiliki empat komponen utama yaitu pengirim, pesan yang akan disampaikan, media yang membawa pesan tersebut dan penerima pesan yaitu target pendengar.

Tentu saja, proses tersebut cukup rumit akibat adanya salah komunikasi yang terdiri dari distorsi dan noise dan terjadi pada saat pengirim mengirimkan pesan sampai kepada penerima yang menerima pesan tersebut serta berusaha meraba makna pesan tersebut.

Proses komunikasi yang lengkap dapat digambarkan sebagai berikut :


Target komunikasi pemasaran seharusnya fokus kepada penerima (masyarakat) yang telah ditentukan sebagai target, walaupun permasalahan akan muncul dan menyebabkan tidak semua target mandapatkan pesan tersebut, dan ada yang tidak ditargetkan malah mendapatkan pesan tersebut. Setelah pesan dikirim beberapa hal akan terjadi yaitu antara lain :

· Pesan tidak diterima

· Pesan diterima tetapi bukan ole target

· Pesan diterima oleh target

· Tidak ada tindakan yang akan di ambil atau terjadinya tindakan yaitu :

o Membeli/menggunakan

o Berkomunikasi dengan yang lain

o Tindakan yang lain

C. Proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran Dan IMC Rabostic Model

i. R Research and analysis

ii. A Audiences

iii. B Budgets

iv. O Objectives

v. S Strategy

vi. T Tactics

vii. I Implementation

viii. C Control

Ada dua bagian pendting dari model ini, yang pertama adalah riset dan siklus pengambilan keputusan digarisbawahi bahwa model Rabostic bergerak dari tingkat analisis awal melalui pengambilan keputusan menjadi aksi dan evaluasi hasil. Evaluasi ini membentuk elemen kontrol proses yang merupakan umpan balik kepada analisis yang lebih dalam bagi proses tersebut untuk dimulai kembali.

Yang kedua adalah aliran informasi. Ini adalah sebuah aliran informasi yang konstan yang menginformasikan proses perencanaan RABOSTIC pada seluruh bagian.

Marilah kita bahas satu demi satu mengenai perencanaan RABOSTIC, yaitu :

1. R, Research and analysis, perencanaan yang bagus memerlkan informasi yang baik dan analisa yang baik, untungnya industri komunikasi pemasaran banyak tersedia informasi dan teknik riset. Perkembangan penggunaan teknologi komputer dan database mempunyai efek yang penting pada Komunikasi Pemasaran terpadu.

2. A, Audiences, merupakan fitur kunci paa model 1, Proses Komunikasi Pemasaran. Hasil seleksi yang berhati-hati merupakan fondasi kesuksesan komunikasi pemasaran terpadu. Hal itu akan berpengaruh terhadap alam dan bentuk pesan serta media yang digunakan untuk mencapai mereka.

3. B, Budgets, merupakan sumber utama dari Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT), beberapa teknik dapat dipergunakan untuk membantu menetapkan anggaran. Sangatlah bijak untuk memikirkan anggaran bukan hanya dibelanjakan untuk komunikasi pemasaran tetapi juga seluruh sumber lainnya yang diperlukan untuk membuat Komunikasi Pemasaran Terpadu sukses. Hal ini termasuk pekerja dan ketrampilan yangdiperlukan serta waktu yang diperlukan setelah kampanye yang perlu dijadwalkan.

4. O, Objectives, pada saat menetapkan tujuan, anda sebaiknya berusaha untuk membuatnya SMARRTT, yaitu :

a. Specific

b. Measurable

c. Achievable

d. Realistic

e. Relevant

f. Targeted

g. Timed

5. S and T, Strategy And Tactics, Strategi dan taktik adalah dengan cara bagaimana tujuan-tujuan dapat dicapai. Tidaklah selalu mudah untuk membedakan antara kedauanya, Strategi biasanya lebih luas dan taktik lebih detail. Secara bersama mereka mencerminkan aktifitas komunikasi pemasaran itu sendiri. Dan menentukan penggunaan bauran komunikasi pemasaran .

6. I, Implemenation, dengan mempunyai rencana, dapat dilakukan tindakan-tindakan, ini adalah langkah implementasi dari RABOSTIC. Ini adalah adalah apa yang disebutkan dalam perencanaan. Rencana-rencana dapat dipertimbangkan dalam kertas-kertas latihan sampai dilaksanakan.

7. C, Control, dengan melaksanakan rencana-rencana kedalam action hal itu dapat dipantau, dievaluasi dan di kontrol. Penyesuaian dapat dilakukan dengan mudah bila mana diperlukan pada saat kampanye, tidak perlu menunggu sampai akhir. Arus informasi yang merupakan bagian dari RABOSTIC model menyedian informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kontrol. Sebuah pendekatan yang dikembangkan untuk mengukur efektifitas Komunikasi Pemasaran Terpadu dikenal sebagai Profil Kualitas Integrasi.

D. Model Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu (Model 3)


Ada beberapa pendekatan yang berbeda untuk mengklasifikasikan bauran, tidak ada satupun diantaranya yang sempurna. Kita kebanyakan menggunakan empat klasifikasi dasar yaitu :

· Periklanan

· Publik Relation

· Promosi Penjualan

· Penjualan Personal.

Sangatlah bijak untuk mengingat bahwa tidak ada masalah apapun sistem klasifikasi yang dipergunakan, semuanya mencoba untuk menggolongkan apakah ada overlap yang luas dan adanya komunikasi pemasaran yang saling berhubungan.

Dalam beberapa tanggapan, tidaklah menjadi masalah apapun kategori yang sesuai. Itu hanya masalah kenyamanan. Dapat kita garis bawahi, bagaimanapun bahwa yang paling penting untuk bauran adalah terintegrasi seperti gambar dibawa ini.


Perhatikan gambar di bawah ini bagaimana sesuatu terliat melintasi batas diantara klasifikasi. Ini disebabkan, dalam kenyataannya, mereka overlap. Masih ada komunikasi pemasaran lainnya yang bisa dimasukkan.


Perhatikan bagaimana beberapa komunikasi terjadi satu persatu, terutama pada penjualan personal dan kegiatan yang berubungan serta beberapa komunikasai satu ke banyak yang dicontohkan oleh periklanan.

Walaupun cara penyebaran ini memberikan pemikiran mengenai perubahan komunikasi pemasaran. Surat langsung dapat dengan meningkat dipersonalisasikan. Sebagaimana penggunaan email dan sms yang dapat dikirimkan kepada jutaan orang secara simultan.

E-MEDIA

A. Apakah E-media itu ?

Perkembangan dalam dunia telekomunikasi, electronic dan komputasi sekarang ini mengantarkan ke dalam jaman yang baru dan telah membuka jalan baru kepada komunikasi pemasaran. Kata e-media telah ditetapkan untuk merefleksikan jalan baru tersebut dan kata itu diasosiasikan dengan pengembangan teknologi tinggi seperti digital dan TV Interaktif, teletex dan videotext, World Wide Web dan Internet, CD-ROM dan DVD, Video dan multimedia. Secara signifikan dan secara cepat teknologi yang diasosiasikan dengan e-media memberikan :

· Kemampuan interaktif

· Respon time yang lebih pendek

· Komunikasi yang lebih langsung

· Komunikasi yang lebih canggih

B. Cybermarketing

Menurut Keeler (1995) Cybermarketing didefinisikan sebagai aktifitas pemasaran yang menggunakan media computer dan telekomunikasi. Daftar singkat metode-metode yang digunakan dalam cybermarketing antara lain :

1. Multimedia, animasi dan realitas virtual.

2. Internet dan World Wide Web

3. Digital dan TV Interaktif

4. CD-ROM/DVD

Sejumlah keuntungan diraih karena penggunaan Cybermarketing ketimbang dengan cara tradisional (Keeler 1995), antara lain :

· Menghemat dana dan membantu mengetatkan anggaran komunikasi pemasaran.

· Menghemat waktu dan memotong langkah-langkah dalam proses pemasaran.

· Memberikan pelanggan cara lain untuk membeli yang memberdayakan mereka untuk mengontrol proses pembelian.

· Menawarkan kekayaan informasi dan interaktif

· Komunikasi yang terjadi real time

· Menawarkan pencapaian yang singkat, local, nasional maupun internasional

· Mengurangi hambatan untuk masuk dan menawarkan kesempatan untuk kesamaan akses untuk seluruh bisnis.

· Dapat terus menerus tersedia.

C. Penggunaan Multimedia dalam komunikasi pemasaran.

Multimedia dapat didefinisikan sebagai kominasi berbagai format yang berbeda termasuk text, gambar, animasi, marasi, video dan musik kedalam satu media. Penggunaan multimedia ini meningkatkan interaksi yang membuat pemirsa dapat melakukan sesuatu, mengontrol kemana saja dia inginkan, maju dan mundur sesuai keinginan mereka. Informasi dapat ditayangkan dengan cara yang lebih menarik. Namun sebaliknya kerugian yang dialami adalah harga yang lebi tinggi, waktu yang diperlukan untuk membuatnya dan keahlian yang diperlukan. Tetapi hal itu tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat dibuktikan dengan kenaikan jumlah perusahaan yang menggunakannya.

Beberapa contoh penggunaan multimedia untuk komunikasi pemasaran adalah antara lain :

· Bahan promosi, aplikasi multimedia dapat mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan dan produk mereka. Dapat dipresentasikan secara hidup, produk dapat di demonstrasikan.

· Interaksi pelanggan, Daewoo meluncurkan produk ke pasar mobil Inggris dengan menggunakan stasiun multimedia didalam showroom yang dapat diakses secara langsung oleh pelanggan yang akan menginterograsi dan berinteraksi dengan stasiun.

· Pelatihan karyawan, Multimedia memudahkan dalam melatih karyawan karena mudah dipergunakan, menghemat dana dan efektif. Sekali dikembangkan, akan lebih murah dibandingkan dengan membawa instruktur ke lokasi.

· Bantuan online dan offline ke pada karyawan, multimedia dapat dipergunakan sebagai bantuan langsung kepada karyawan karena menyediakan sumber data. Ini dapat diperbaharui dengan mudah dan teratur dan sangat bermanfaat untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka mendapatkan informasi yang benar.

· Komunikasi Internal, Organisasi dapat menghadapi kesulitan dalam meyakinkan komunikasi internal yang baik. Multimedia dapat dipergunakan untuk mengkomunikasikan perubahan organisasional dan peluncuran produk baru.

· Bantuan Online dan Offline untuk pelanggan luar, multimedia dapat membantu pelanggan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh karyawan walaupun disain aplikasi kelihatannya berbeda.

Animasi Komputer Dan Realitas Virtual.

Animasi komputer adalah seuah jeis multimedia yang menjadi populer untuk dipergunakan untuk tujuan promosi. Teknik dan teknologi yang pernah digunakan dalam film Matrix atau Jurassic Park sekarnag dipergunakan untuk promosi.

Realitas Virtual adalah mungkin teknilogi yang paling tinggi dalam multimedia, tidak sama dengan animasi. Tidak masalah sebagaimana realistisnya animasi, anda akan selalau melihat pemandangan yang sama dari titik pandang dan perspektif yang sama.

Aplikasi Online dan Offline

Dalam memahami multimedia, sangatlah penting untuk membedakan antara isi aplikasi dan caranya dikirimkan. Sekali sebuah aplikasi dikembangkan, maka daat dikirmkan kepada penggua akhir dengan beberapa cara termasuk CD-ROM/DVD, kios dan internat.

Online media diakses secara real time. Dinamis dan dapat digunakan untuk menyediakan informasi yang terupdate secara kontinyu. Online media termasuk internet, teletext dan videotext yang didapat dari televisi (jalur telpon) dengan itu Video text dapat melayani belanja secara elektronik.

Offline media adalah seperti CD-ROM/DVD, yang dikirimkan dari jarak jauh untuk digunakan pada peralatan mereka sendiri. Aplikasi pendidikanlah yang banyak dibuat dengan menggunakan Offline Multimedia.

Internet dan World Wide Web

Internet memegang beberapa prospek yang menarik bagi pemasar untuk membantu dalam pelaksanaan pemasaran. Dari komunikasi pemasaran dan riset ke hubungan pemasaran dengan pelanggan dan stakeholder group.

Internet adalah sebuah jaringan komputer atau, lebih akuratnya, sebuah kumpulan yang menjangkau seluruh dunia dan akan mengijinkan pengguna dengan hardware dan software untuk mengkomunikasikan dengan yang lainnya.

Ketertarikan dalam internet adalah fenomenal, Jumlah sebenarnya dari masyarakat keseluruh dunia yang menggunakan Internet pada basis umum adalah beberapa juta, walaupun jumlah total yang mempunyai akses mejadi lebih tinggi, kemungkinan sekitar 50 juta.

Sebagai pemasaran dan alat komunikasi pemasaran, internet dan bagian World Wide Web, menawarkan kesempatan yang lebih luas dan organisasi yang berpikiran maju telah berpindah untuk mendukungnya.

Bagaimana Internet dibangun

Agar komputer terkoneksi ke internet untuk berkomunikasi dan memahami pertukaran diantara mereka, mereka seluruhnya menggunakan standar Internet Protokol yang sama (IP). Seluruh informasi yang dapat diakses dari internet terdapat dalam komputer yang disebut server yang disambungkan kedalam Jaringan Internet yang disebut Nodes. Server server ini dimiliki oleh perusahaan yang ingin mendistribusikan informasi di jaringan atau oleh organisasi yang memungut biaya kepada masyarakat yang mengakses jaringan dan untuk dukungan layanan. Kebanyakan orang perorang maupun bisnis mengakses internet dengan menggunakan jaringan telepon ke ISP (Internet Service Provider). ISP dapat menyediakan berbagai layanan dari sebuah akun atau alamat pada sebuah komputer dan aplikasi yang mengijinkan akses ke Internet melalui sebuah Website, Jaringan Telepon kecepatan tinggi dan layanan lainnya.

Walaupun di Amerika Serikat penggunaan telepon untuk internet adalah gratis, dibanyak tempat didunia kompetisi mendorong ISP dana perusahaan telepon untuk meninjau kembali operasi mereka untuk menurunkan biaya.

World Wide Web (WWW) dapat diartikan sebagai versi multimedia internet dan terdiri dari ratusan ribu halaman yang dikenal sebagai Websites, Web Pages atau Home Pages yang diperkaya dengan garafik dan foto-foto yang bercampur dengan text. Hal itu di dukung oleh protokol (standar yang disepakati) yang disebut dengan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) dan mekanisme inilah yang membuat Informasi Web ditransfer ke Internet.

Bila kita selalu berpikir mengenai akses internet melalui komputer, dan ternyata ada 500 Juta pengguna melalui komputer mereka, adalah penting untuk meliha pasar dalam koteks yang lebih luas.

Keeler (1995) menyarankan penggunaan internet sebagai pemasaran ada lima hal yaitu :

· Mengirim pesan (email). Email adalah fasilitas yang peling mendasar dan dipergunakan secara luas di Internet.

· Transfer File, dengan menggunakan program File Transfer Protocol (FTP) file-file komputer dapat ditransfer dari satu komputer kepada yang lainnya melewati internet.

· Memonitor berita-berita dan pendapat-pendapat, Internet dipergunakan untuk diskusi online melalui Bulletin Board Services (BBS) dan beberapa grup diskusi lainnya.

· Searching Dan Browsing, Sebuah informasi dalam jumlah yang besar, dari buku-buku, hasil-hasil pekerjaan, publikasi pemerinta tersedia di Internet dengan pengembangan yang terus menerus protokol pencari maka kecepatan pencarian di Internet makin dihargai.

· Posting, Hosting dan Pemaparan Informasi, Laporan perusahaan, pesan-pesan komunikasi pemasaran da informasi dapat dipoting ke sebuah nama site di internet untuk di lihat orang lain.

· Advertising, iklan dapat mengambil beberapa bentuk di Internet, kemampuan multimedia dari Web membuat pengiklan untuk menggunakan warna, grafik, gerakan-gerakan, video dan suara.

· Public Relation dan Sponshorship, Web telah dipergunakan lebih banyak lagi untuk fungsi kehumasan seperti mempos pernyataan-pernyataan mengenai produk baru, laporan perusahaan, data keuangan dan kinerja.

· Promosi Penjualan. Peralatan promosi penjualan seperti kompetisi dan kupon dipergunakan untuk membantu penjualan, mendorong keterlibatan dan akses berulang. Perusahaan dan literature merk, periklanan dan bungkus sering termasuk dalam alamat web, mengundang pengguna untuk berkunjung serta menggunakan web site sebagai perpanjangan komunikasi pemasaran perusahaan.

· Penjualan langsung, tanpa mengurangi faktor keamanan, Web dipergunakan untuk mendistribusikan informasi tentang produk dan pemesanan secara online.

· Pameran, walaupun aplikasi internet ini bukanlah yang paling menarik perhatian, pameran virtual merupakan pengembangan yang menarik. Ia membawa pelanggan, penyalur dan pesaing secara bersama-sama tanpa perlu meninggalkan kantor atau rumah dan tentu saja dapat dilihat pada waktu yang paling menyenangkan oleh pengguna.

· Riset Pemasaran, satu yang menjadi kegunaan Web sekarang ini adalah untuk melakukan riset pasar dalam bentuk survey pendapat pelanggan, ketertarikan terhadap produk dan survey reaksi pelanggan.

· Mengembangkan Link yang lebih dekat kepada pelanggan dan grup lainnya, Web dapat memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengumpulkan informasi mengenai pelanggan dan target grup lainnya.

· Intranet dan extranet, intranet dan extranet adalah penggunaan sebagian dari Internet yang terhubung secara Internasional, yang berbentuk jaringan tertutup dengan akses yang terbatas kepada siapa yang berhak. Intranet adalah fasilitas internal untuk meningkatkan komunikasi antar staff secara lokal, nasional atau internasional. Sedangkan extranet dipergunakan untuk berhubungan kepada pihak diluar organisasi yang tidak berhubungan dengan internet.

· Konservasi alamiah pelanggan, penggunaan ini tidak sering dipandang sebagai Internet karena penggunaannya untuk menyelesaikan transaksi keuangan. Riset menunjukkan bahwa kekhawatiran mengenai keamanan merupakan ganjalan utama.

· Kecepatan Komunikasi, keterbatasan dalam kecepatan komunikasi merupakan pertimbangan teknis yang semakin sedikit dari waktu kewaktu, secara realistik komunikasi multimedia membutuhkan lebar pita 2 juta bit perdetik (Manchester 1995) dan jaringan telepon masih jauh dari hal itu. Hal ini menjadi sebab utama dalam disain halaman web dan kecepatan penggunaannya.

D. Digital dan Televisi Interaktif, televisi seperti yang kita ketahui adalah bekera berdasarkan transmisi analog dan tidak interaktif, transmisi digital yang diperkenalkan keseluruh dunia membuka kemungkinan baru dan meningkatnya jumlah saluran dengan cepat. Televisi interaktif merupakan bentuk konsep lain karena pengguna dapat mengirimkan sinyal balik ke penyedia layanan. Beberapa layanan yang sudah diterapkan pada televisi interaktif adalah : Video On Demand, Home Shopping Services dan Home Banking Services.

E. CD-ROM/ DVD, merupakan piringan plastik yang dilapisi dimana data disimpan. Sebuah pirindan CD-ROM dapat menyimpan data sebesar 540 Mega Bytes atau secara kasar setara dengan 20 buah buku Kamus Bahasa Inggris Oxford, atau setara dengan setengan juga halaman text, membuatnya sangat efisien dalam menyimpan data. DVD dapat menyimpan data degan lebih banyak lagi sehingga dapat menonton sebuah film dari sebuah piringan, dan sekarang ini terdapat juga CD-ROM dan DVD dengan dilengkapi perangkat keras yang dapat menulis, sehingga dapat menyimpan informasi yang kita miliki kedalam CD-ROM/DVD.

F. Pemasaran berijin, banyak penggunaan e-media yang telah disebutkan diatas didasarkan kepada Pamasaran Berijin, dimana disediakan pilihan Opt-in atau Opt-out, teknik ini menjaga hubungan antara penjual dan penerima komunikasi pemasaran dengan memberdayakan pelanggan dengan perasaan bahwa mereka hanya akan menerima komunikasi yang secara aktif mereka minta sendiri.

G. Kesimpulan, penggunaan e-media untuk tujuan pemasaran dan komunikasi pemasaran lebih dikenal dengan cyber marketing, yang dapat memberikan keunggulan lebih banyak komunikasi langsung dengan pelanggan dan kesempatan pemasaran langsung. Internet merupakan bangian penting dari revolusi media baru dan tumbuh pada tingkat yang fenomenal dan diperkirakan dengan cepat akan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan akan memberikan dampak yang besar pada perilaku kita.

1 comment:

Anonymous said...

Hehehe,,, bagus juga