17 November 2006

Unri-Tanoto Foundation Tandatangani MoU

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unri dan Tanoto Foundation dilakukan di Aula Rektorat Universitas Riau Selasa (25/4). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor Unri, Ashaluddin Jalil dengan Ketua Tanoto Foundation, Ibrahim Hasan.

Dalam keterangannya, Ibrahim Hasan mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan langkah Yayasan Tanoto untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia khususnya untuk daerah Riau.

Informasi beasiswa Indonesia dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doct
-----------------------------------

“Yayasan Tanoto membangun pendidikan dalam skala global terutama di Riau agar dapat mengikuti kemajuan universitas lainnya yang sudah terlebih dahulu,” terangnya.

Menurutnya ada mahasiswa yang memiliki potensi akademis yang sangat bagus. Namun dalam masalah biaya mereka kurang beruntung. Kondisi tersebut menjadi dasar bagi Tanoto Foundation untuk mencoba masuk dan membantu potensi-potensi yang ada tersebut.

Menurutnya perjanjian kerjasama untuk periode lima tahun ini merupakan perjanjian paying yang meliputi antara lain pemberian beasiswa dan dukungan dana penelitian. Pada masa mendatang diharapkan perjanjian ini akan dapat dilanjutkan dengan berbagai perjanjian kerjasama lain yang lebih mengacu pada jenis kegiatan secara lebih spesific. “Adanya penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan salah satu wujud nyata Tanoto Foundation dalam upaya turut berpoartisipasi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” tambahnya. Dikatakan Ibrahim, untuk bidang penelitian pihaknya percaya bahwa banyak pakar penelitian Indonesia yang memiliki kemampuan setara dengan mereka di luar negeri. Sehingga dukungan pada bidang ini diharapkan akan dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan Indonesia dalam jangka waktu panjang.

Unri menyambut baik perjanjian kerjasama tersebut dan berharap bahwa adanya dukungan pendanaan beasiswa maupun bidang penelitian yang akan semakin menggairahkan iklim pendidikan termasuk riset-riset di Indonesia pada umumnya dan Unri pada khususnya. Diharapkan kerjasama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pemerintah maupun dunia industri.

Rektor Unri, Ashaluddin Jalil dalam pidatonya mengungkapkan bahwa dalam system baru ‘otonomi universitas’ pengelolaan keuangan universitas ditangani sendiri oleh manajemen universitas. Masalah biaya dan fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa sama. Namun tentu ada mahasiswa yang merasa berat dengan masalah biaya. Sebagian lagi merasa ringan.

“Kondisi tersebut menjadi dasar kerjasama yang dijalin antara Universitas Riau dengan Tanoto Foundation. Dimana mahasiswa yang merasa berat akan dibantu biayanya. Tentunya mahasiswa yang memiliki potensi. Tujuannya jelas yaitu perkembangan universitas Riau pada khususnya,” imbuhnya.***(H-we)

Ikuti info beasiswa ini via email agar tidak ketinggalan, klik di sini untuk bergabung

No comments: